Video Game Klasik Teratas

Video Game Klasik Teratas

10. Pong

Origins : Pong didasarkan pada permainan yang disebut ‘Tennis for Two’ yang merupakan simulasi permainan tenis pada osiloskop. Fisikawan William Higinbotham, perancang, mencatat sejarah sebagai pembuat salah satu permainan elektronik pertama yang menggunakan tampilan grafis.

Konsep : Permainan ini dimaksudkan untuk merepresentasikan permainan Tenis atau Tenis Meja (Ping Pong). Setiap pemain memiliki tongkat; kelelawar bisa digerakkan secara vertikal. Layar memiliki dua garis horizontal di bagian atas dan bawah layar. Bola ‘disajikan’ dan bergerak ke arah satu pemain – pemain itu harus menggerakkan pemukul agar bola mengenai itu. Bola memantul dan bergerak mundur ke arah lain. Tergantung di mana bola mengenai pemukul, bola akan bergerak ke arah yang berbeda – jika mengenai salah satu garis atas atau bawah, maka bola akan memantul. Idenya adalah membuat pemain lain kehilangan bola – dengan demikian mencetak satu poin.

Gameplay: walaupun kedengarannya sangat membosankan, namun sebenarnya gameplay tersebut sangat membuat ketagihan. Mudah dimainkan tetapi sangat sulit untuk dikuasai, terutama dengan kecepatan bola yang lebih cepat, dan sudut ‘pantulan’ yang lebih tajam.

Nostalgia : bagi saya ini adalah bapak video game. Tanpa Pong Anda mungkin tidak akan memiliki video game – ini memulai kegilaan yang akan terus tumbuh dan menjadi industri multi-miliar dolar. Saya akan selalu mengingat game ini!

9. Katak

Origins : game ini dikembangkan oleh Konami pada tahun 1981, dan merupakan game pertama yang mengenalkan saya pada Sega. Pada saat itu, itu sangat baru dan memperkenalkan gaya permainan baru.

Konsep: Mudah – Anda ingin berjalan dari satu sisi jalan ke sisi lain. Tunggu sebentar – lalu lintas banyak; Saya lebih baik menghindari lalu lintas. Fiuh Berhasil – tunggu, siapa yang meletakkan sungai itu di sana. Lebih baik lompati kura-kura dan batang kayu itu dan pergilah ke sisi lain – bertahanlah itu buaya! AHHH! Kedengarannya mudah – mobil dan batang kayu berada dalam baris horizontal, dan arah pergerakannya, jumlah batang kayu dan mobil, dan kecepatannya dapat bervariasi. Anda harus menggerakkan katak ke atas, ke kiri dan ke kanan, menghindari mobil, melompat ke kayu dan menghindari makhluk jahat dan pulang – lakukan ini beberapa kali dan Anda akan naik ke level berikutnya.

Gameplay : Konsep sederhana lainnya yang sangat membuat ketagihan. Permainan ini mengandalkan waktu; Anda menemukan diri Anda menyelinap masuk dan keluar dari lalu lintas, dan terkadang pergi ke mana-mana. Grafiknya buruk, suaranya buruk, tetapi adrenalinnya benar-benar terpompa saat Anda mencoba menghindari mobil yang sangat cepat itu, atau ular yang memburu Anda!

Nostalgia : Saya suka game ini karena berbagai alasan. Saya memainkannya untuk waktu yang lama, tetapi tidak pernah benar-benar menjadi ahli – namun, ini adalah game pertama yang berhasil saya tiru menggunakan Basic di ZX81 saya – saya bahkan menjual sekitar 50 eksemplar di Jerman!

8. Penjajah Luar Angkasa

Origins : Tomohiro Nishikada, desainer Space Invaders terinspirasi oleh Star Wars dan War of the Worlds. Dia memproduseri video game penembakan pertama dan sangat menarik dari pemutaran Breakout.

Konsep : alien menyerang bumi dalam ‘blok’ dengan bergerak ke bawah layar secara bertahap. Sebagai penyelamat pemberani Bumi, tugas Anda adalah menggunakan meriam laser soliter Anda, dengan bergerak secara horizontal, dan meledakkan alien pengecut itu keluar dari langit. Untungnya, Anda memiliki empat pangkalan untuk bersembunyi di belakang – ini akhirnya hancur, tetapi mereka memberikan perlindungan dari rudal alien.

Main Game : ini adalah game yang sangat berulang, tetapi sangat membuat ketagihan. Setiap gelombang dimulai sedikit lebih dekat dengan Anda, dan bergerak sedikit lebih cepat – jadi setiap gelombang baru adalah tantangan yang lebih sulit. Permainan ini melibatkan cukup banyak strategi serta koordinasi mata tangan yang baik.

Nostalgia : Saya membuang banyak waktu untuk memainkan game ini. Meskipun awalnya hanya alien hijau yang menyerang, beberapa geek yang pintar menambahkan strip warna ke layar dan alien secara ajaib mengubah warna semakin rendah yang mereka dapatkan – itu adalah teknologi tinggi seperti yang mereka dapatkan di zaman video game monokrom!

7. Galaxian

Origins : Galaxians memperluas tema Space Invaders dengan membuat alien menukik ke arah bek. Itu adalah salah satu game pertama yang memiliki sprite berwarna.

Konsep : Ambil Space Invaders, tambahkan beberapa warna, hapus pangkalan dan buat beberapa alien menukik ke arah Anda dan Anda memiliki Galaxian. Pada dasarnya konsepnya sama dengan Space Invaders, Anda mempertahankan dunia dari penjajah alien, tetapi alih-alih seluruh layar yang penuh dengan alien bergerak ke arah Anda dengan cara yang rapi, Anda mendapatkan sekelompok alien menukik dengan cara yang sembarangan.

Gameplay : jika Anda menyukai Space Invaders maka Anda akan menyukai ini. Strateginya berbeda, karena Anda sering kali harus menghindari dua atau tiga kelompok ‘penyapu’ alien, tetapi jika Anda dapat menembak mereka saat mereka menukik, maka Anda akan mendapatkan beberapa poin bonus yang bagus. Permainan ini sulit sampai Anda terbiasa dengan beberapa pola

Nostalgia : ini adalah salah satu game pertama yang saya mainkan di komputer desktop yang hampir persis seperti ketenaran arcade. Saya memiliki Acorn Electron lama, dan game ini hampir sempurna di mesin kecil ini. Saya merindukan Acorn Electron saya yang lama!

6. Pembela

Origins : Game ini diciptakan oleh Williams Electronics pada tahun 1980. Game ini dirancang oleh Eugen Jarvis, Sam Dicker, Paul Dussault dan SLarry DeMar. Itu adalah salah satu game pertama yang menampilkan kontrol kompleks, dengan lima tombol dan sebuah joystick. Meskipun lambat untuk dipahami karena kesulitannya, itu masih merupakan permainan yang populer.

Konsep : Sebagian besar game shoot-em-up pada era tersebut adalah shote-em-up horizontal. Game ini mengubah lapangan bermain dengan menjadi penembak vertikal. Sekali lagi alien berniat melakukan hal-hal buruk ke bumi – kali ini mereka mencoba menculik 10 manusia. Anda bertanggung jawab atas satu-satunya pembela dan harus membunuh alien sebelum mereka menculik manusia. Anda terbang di atas ‘lanskap’ dan dapat melihat manusia Anda merenung di permukaan. Alien muncul dan jatuh ke arah manusia – Anda dapat membunuh mereka pada saat ini, tetapi jika mereka menangkap alien, Anda harus menembak alien tersebut, dan menangkap manusia sebelum alien mencapai bagian atas layar.

Gameplay: Ini adalah game hebat yang mudah dimainkan tetapi sulit untuk dikuasai. Menembak alien dan menangkap manusia memberikan bonus terbaik, dan ini membentuk bagian utama dari strategi. Ada beberapa tipe alien berbeda yang mengejar Anda membuat game ini jauh lebih sibuk dari yang lain; sering kali hanya melegakan untuk menyelesaikan satu level. Meskipun tidak membuat ketagihan seperti beberapa orang, hal itu memberikan perasaan berprestasi ketika Anda mencapai skor tinggi.

Nostalgia : Saya pergi berlibur dengan seorang teman selama seminggu dan kami menghabiskan sepanjang minggu di arcade memainkan game ini dan game nomor satu di daftar saya (saya tidak akan mengungkapkan namanya sekarang!). Itu adalah salah satu kenangan terbaik di masa remaja saya!

5. Komando Rudal

Origins : Pada Juli 1980, Atari menerbitkan game revolusioner. Itu tidak memiliki joystick, tetapi memiliki bola yang mengontrol kursor layar. Itu diprogram oleh Dave Theurer dan dilisensikan ke Sega.

Konsep : Alien-alien sial itu semakin pintar. Alih-alih mengirim kapal luar angkasa untuk bertempur, mereka bersembunyi di luar angkasa dan mengirim banyak rudal untuk meledakkan kota-kota di Bumi. Permainan ini unik karena menggunakan joystick ‘bulat’. Anda menggunakan ini untuk pindah ke satu titik di layar dan kemudian menembakkan rudal ke tempat ini – ledakan yang memuncak akan menghancurkan semua rudal yang mengenai ‘awan’. Rudal pada dasarnya adalah garis yang bergerak ke bawah dari atas layar dengan berbagai sudut dan kecepatan – beberapa di antaranya akan terpecah menjadi beberapa ‘rudal’ di tengah jalan.

Gameplay: ini adalah permainan yang sangat strategis. Menempatkan bom Anda di tempat yang tepat dan mengatur waktunya dengan benar pada dasarnya dapat membersihkan rudal alien dengan cepat dan mudah. Seiring berjalannya permainan, Anda mendapati diri Anda memutar roda dengan panik mencoba meletakkan bom di tempat yang tepat. Permainan ini benar-benar menyenangkan memompa adrenalin – kadang-kadang Anda tampaknya menghadapi rintangan yang mustahil, namun Anda akan menarik napas lega ketika satu kota selamat.

Nostalgia : ini adalah salah satu game pertama yang saya mainkan di mesin table top. Meskipun ini tidak terlalu populer, tetap menyenangkan bisa meletakkan sekaleng soda saat Anda bermain!

4. Penembusan

Asal : Game ini sangat terinspirasi oleh Pong. Itu dibuat pada tahun 1976 oleh Atari, dengan Nolan Busnell dan Stew Bristow menjadi desainer utama. Ini mungkin salah satu game yang paling banyak dikloning, bahkan hari ini ada game baru berdasarkan tema yang sama yang keluar. Rupanya komputer Apple II terinspirasi oleh game ini – wow di mana Steve Jobs sekarang tanpa Breakout.

Konsep : Idenya sederhana – Anda memiliki kelelawar di bagian bawah layar yang dapat bergerak maju mundur. Di atas Anda ada dinding batu bata. Sebuah bola akan bergerak dari pemukul Anda – setiap kali bertabrakan dengan batu bata, batu bata tersebut menghilang dan bola memantul kembali ke arah Anda. Tugas Anda sederhana – hentikan bola keluar dari bagian bawah layar dengan menempatkan pemukul Anda di jalan dan memantulkan bola kembali ke dinding – Anda juga harus mengeluarkan semua batu bata di dinding untuk maju ke level berikutnya!

Gameplay: ini adalah game yang cukup sulit untuk dikuasai. Saat batu bata semakin rendah setiap level dan kecepatan bola meningkat, itu menjadi semakin sulit untuk ‘dihancurkan’. Selain itu, terkadang sudut bola terlepas dari bat sangat tajam sehingga sangat sulit untuk menentukan di mana bola akan memantul! Ini adalah salah satu permainan di mana Anda terus mengatakan ‘hanya satu permainan lagi’ dan sebelum Anda menyadarinya lima jam telah berlalu.

Nostalgia : ketika saya tinggal di Wales kami memiliki ruang utilitas kecil yang menampung buku-buku dan Spektrum ZX kecil saya – Saya biasa menghabiskan berjam-jam bermain game ini saat Ayah saya duduk dan belajar. Itu seperti sesi ikatan pria!

3. Tunggu

Origin : Game ini dirilis pada tahun 1985 dan dikembangkan oleh Sega dan menjadi game terbaru pada masanya. Itu adalah salah satu game balap ‘3D’ pertama dan salah satu yang pertama memperkenalkan bantuan ‘realistis’ untuk bermain game – bahwa itu adalah kabinet gaya sepeda motor replika yang lebih besar, dengan penghitung kecepatan, rem, dan throttle. Game ini menjadi tolok ukur untuk game balapan masa depan dan mengarah ke seri Out Run yang sangat dipuji. Gim ini dengan cerdik menggunakan ‘papan reklame’ dan pepohonan untuk memberi Anda perasaan bahwa Anda sedang bergerak dengan kecepatan tinggi.

Konsep : Anda adalah seorang pembalap sepeda motor – Anda duduk di atas sepeda dan harus balapan di trek balap 3d, menyalip pengendara lain dan mencapai pos pemeriksaan tertentu dalam batas waktu. Permainan ini menampilkan tempat dan kondisi yang berbeda (seperti malam).

Gameplay: Game lain yang mudah dimainkan tetapi sangat sulit untuk dikuasai. Mengatur waktu belokan sangat penting, terutama jika pengendara sepeda motor lain menghalangi. Setiap sedikit sentuhan sepeda lain, atau menabrak penghalang, memperlambat Anda dan membuatnya lebih sulit untuk mencapai pos pemeriksaan tepat waktu. Grafik yang mengagumkan (untuk saat itu) membuat game ini menyenangkan untuk dimainkan karena Anda benar-benar merasa sedang berlomba. Ini adalah permainan lain yang membuat Anda kembali lagi.

Nostalgia: Sebagai seorang anak, saya selalu menginginkan sepeda motor sungguhan, jadi ini memberi saya perasaan bahwa saya benar-benar memilikinya. Saya sangat bagus dalam permainan ini (Posisi Kutub d) dan terus-menerus mencatatkan nama saya di tabel skor tinggi – ini mungkin satu-satunya permainan yang benar-benar dapat saya katakan bahwa saya adalah seorang master.

2. Pacman

Origin : Dikembangkan oleh Toru Iwatani, dan diprogram oleh Hideyuki Moakajima San, game ini keluar pada pertengahan tahun 1980. Nama tersebut diambil dari sebuah ungkapan yang berhubungan dengan suara saat mulut Anda membuka dan menutup (konon). Namco memproduksi game tersebut, tetapi benar-benar populer di Amerika ketika Midway merilisnya.

Konsep : Anda adalah Pacman dan Anda sangat lapar. Anda menemukan labirin yang penuh dengan ‘titik-titik’ dan berlarian memakannya. Sayangnya ada beberapa hantu yang tidak terlalu senang tentang hal ini dan mereka akan mengejar Anda dan memakan Anda – tapi hei, ada beberapa titik yang sangat besar yang memberi Anda kekuatan untuk mengusir hantu kembali ke kandang utama mereka. Labirinnya rumit, memenuhi seluruh layar, tetapi tidak ada jalan buntu – ada juga jalan masuk di antara setiap sisi layar. Di tengah, adalah kandang yang menampung hantu – kadang-kadang buah bonus muncul di sebelah kandang. Anda pada dasarnya harus memakan semua titik untuk maju.

Gameplay: Ini adalah konsep yang sederhana, tetapi dengan grafik yang lumayan bagus dan nada yang membuat ketagihan, ini menjadi sukses besar. Ada banyak strategi dalam permainan – setiap hantu mengikuti pola tertentu (meskipun pada akhirnya mereka akan melupakan ini dan mengikuti Anda) – sebenarnya ada buku yang didedikasikan tentang rute terbaik untuk menghindari hantu. Permainan semakin sulit saat Anda pergi, dengan hantu semakin cepat dan semakin pintar.

Nostalgia : ada sesuatu tentang musik dalam game ini yang sangat menarik – bahkan saat saya menulisnya, saya dapat mendengarnya dalam pikiran saya. Ini salah satu game pertama yang saya ingat menggunakan musik sebagai nilai jual utama. Saya menghabiskan banyak waktu untuk bermain game ini, dan meskipun saya tidak pernah hebat, saya selalu bersenang-senang mencoba menemukan rute baru. Ini juga mungkin pencapaian pemrograman saya yang paling sukses – Saya merancang versi ini untuk Acorn Atom dan saya benar-benar menjual beberapa ratus eksemplar (sekali lagi di Jerman) – Saya bangga bahwa sebagai usia dua belas tahun, saya dapat menggunakan logika dan keterampilan pemrograman dan menghasilkan uang dengan melakukannya.

1. Asteroid

Origin : Sungguh menakjubkan memikirkan bahwa game ini pertama kali dirilis pada 1979 – saya telah memainkannya selama 30 tahun sekarang! Dikembangkan oleh Atari dan dirancang oleh Lyle Rains dan Ed Logg, gim ini dengan cerdik menggunakan grafik vektor dan fisika kelembaman nyata untuk mengubah konsep sederhana menjadi gim klasik.

Konsep : Kapal ruang angkasa kecil Anda telah tersesat ke sabuk asteroid. Dengan penggunaan pendorong, meriam laser tepercaya, dan unit hyperspace, Anda harus menggerakkan pesawat ruang angkasa ke segala arah di atas layar dan menghindari asteroid. Anda dapat pergi ke mana saja di layar dan bahkan keluar dari tepi tidak apa-apa – itu kebetulan membungkus alam semesta. Asteroid mendatangi Anda dari semua sudut. Awalnya mereka besar, dan cukup lambat. Setelah dihantam, mereka terpecah menjadi asteroid yang lebih kecil, dan asteroid yang lebih kecil ini membelah lagi – semakin kecil asteroidnya, semakin cepat ia melaju. Kadang-kadang kapal alien yang jahat akan muncul dan mulai menembaki Anda – dia kadang-kadang akan menabrak asteroid dan membelahnya. Ide gim ini sederhana – hancurkan semua asteroid tanpa menabraknya atau ditembak oleh alien.

Gameplay : Wow apa yang bisa saya katakan. Untuk benar-benar berhasil dalam permainan ini Anda harus menggunakan strategi – menembak ke semua asteroid akan memenuhi layar dengan banyak asteroid kecil yang bergerak cepat, sehingga sulit untuk menghindari tabrakan. Oleh karena itu, gim ini mengharuskan Anda mengambil satu asteroid pada satu waktu, dan kemudian menangani asteroid yang lebih kecil. Saat melakukan ini, Anda juga harus bermanuver dengan hati-hati; dengan kelembaman nyata, Anda sering mendapati diri Anda melayang tanpa disadari dan tiba-tiba Anda berada di tengah empat atau lima asteroid.

Nostalgia : ini adalah satu-satunya game yang masih saya mainkan hari ini. Apakah itu ‘Buck Rogers’ dalam diri saya, atau saya hanya menyukai tantangan yang saya tidak tahu! Anda akan berpikir bahwa setelah 30 tahun bermain, saya akan menguasai permainan atau bosan; entah bagaimana tidak ada yang terjadi – saya terkadang bisa mendapatkan skor mega, tetapi biasanya saya hanya rata-rata. Saya rasa saya suka fakta bahwa hal itu membuat saya berpikir dan menjaga koordinasi tangan-mata saya dalam kondisi prima! Sekarang jika saja saya bisa mendapatkan kembali semua uang yang saya dorong ke dalam mesin asteroid – saya akan menjadi sangat kaya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *