Apa Psikologi

Apa Psikologi

Psikoterapi yang berpusat pada tubuh, juga dikenal sebagai psikoterapi somatik, mencakup berbagai pendekatan terhadap kesehatan psikologis yang mengakui pentingnya tubuh dalam membentuk pengalaman hidup kita dan secara aktif menggunakan tubuh dalam terapi sebagai sumber informasi dan sumber untuk penyembuhan. Perasaan, emosi dan dorongan yang muncul dari tubuh merupakan bagian integral dari pengalaman hidup kita, tetapi kita sering menekan, memotong Psikoterapi Eksistensial atau tidak mengenalinya karena adaptasi fisiologis dan psikologis kita terhadap batasan lingkungan kita.

Bekerja dengan tubuh dalam psikoterapi membuka banyak pilihan untuk memahami, mengalami, dan menyembuhkan yang seringkali tidak dapat dimanfaatkan oleh terapi bicara konvensional karena kontrol kesadaran atas kognisi dan ekspresi verbal, peran tubuh dalam menciptakan sensasi fisik. Akar emosi dan peran tubuh dalam memelihara ketegangan otot yang menopang dan memperkuat respons karakterologis kita terhadap lingkungan kita. Psikoterapi yang berpusat pada tubuh membantu kita mengatasi kekhawatiran kita dengan membantu kita menjadi sangat sadar akan sensasi tubuh, perasaan dan impuls serta emosi, pikiran dan perilaku kita.

Psikoterapi yang berpusat pada tubuh Konseling, Psikoterapi, Life Coaching di Semarang melakukan ini sebagian besar melalui kesadaran, tindakan, dan sumber daya. Kesadaran dikembangkan dalam psikoterapi yang berpusat pada tubuh melalui pemindaian dan pelacakan hal-hal seperti sensasi, perasaan, emosi, napas, dan ketegangan. Tindakan mengekspresikan impuls, melepaskan ketegangan atau penyempitan, dan membangun atau melepaskan energi melalui pentanahan, gerakan, dan ekspresi. Psikoterapi yang berpusat pada tubuh secara eksponensial mengajarkan klien untuk menghargai dan memanfaatkan tubuh mereka sebagai sumber untuk keamanan, kekuatan, dan kesenangan.

Selama proses psikoterapi tubuh, klien diarahkan untuk meningkatkan kesadaran akan sensasi dan pengalaman tubuh mereka. Sebagai klien psikoterapi yang berpusat pada tubuh, Anda akan menjadi lebih sadar tentang bagaimana Anda bernapas, bergerak, berbicara, dan di mana Anda mengalami perasaan dalam tubuh Anda. Ini bermanfaat dalam banyak hal.

Emosi adalah interpretasi kognitif dari perasaan yang berkembang dari reaksi tubuh terhadap rangsangan. Karena emosi dihasilkan dari sensasi tubuh, mengembangkan kesadaran yang lebih besar akan sensasi tubuh memberi kita pengalaman dan pemahaman yang jauh lebih cepat, mendalam dan bernuansa serta pemahaman tentang pengalaman emosional kita dan keadaan perasaan yang menghasilkannya daripada yang mungkin dilakukan melalui kerja kognitif murni.
Psikoterapi yang berpusat pada tubuh mengarahkan kesadaran klien pada sesak dan penyempitan yang mencekik perasaan, emosi, vitalitas, dan mengunci klien ke dalam pola persepsi dan reaksi yang terbatas terhadap lingkungannya.
Ini menciptakan kesadaran tentang pengalaman atau keyakinan yang menyebabkan penyempitan, impuls, atau sensasi tertentu dan memungkinkan klien untuk mengevaluasi kembali kegunaan keyakinan bagi mereka saat ini pada tingkat yang jauh lebih primitif daripada yang mungkin melalui wacana.
Kesadaran akan sensasi tubuh juga menghubungkan kita dengan ritme alami pernapasan, gerakan, tindakan, dan penyembuhan kita. Bergerak dengan kecepatan ritme alami ini memungkinkan tubuh, pikiran, dan jiwa kita bekerja seefisien mungkin, yang memungkinkan kita menghadapi tantangan dengan lebih efektif, membantu penyembuhan kita dan berkontribusi pada pertumbuhan dan evolusi kita.
Latihan kesadaran sangat berguna untuk mengelola kecemasan, disosiasi, dan kompulsi.
Seorang psikoterapis yang berpusat pada tubuh juga dapat membantu klien dalam menggunakan gerakan dan ekspresi fisik dalam terapi. Ini bisa sangat direktif, seperti melalui penggunaan posisi dan latihan Bioenergetik atau desensitisasi dan pemrosesan ulang gerakan mata, melibatkan kontak fisik, seperti dalam manipulasi pelindung otot Reichian, atau non-direktif, seperti dalam Gerakan Otentik, dan banyak variasi lainnya. diantara.

Penggunaan ekspresi fisik mengembangkan kesadaran yang lebih besar akan sensasi dan impuls fisik.
Lepaskan ketegangan dan penyempitan pada tubuh
Lepaskan reaksi trauma yang ditahan di sistem saraf dan otot-otot tubuh
Bisa membangun atau melepaskan energi
Gerakan dan ekspresi fisik dapat menjadi alat yang ampuh untuk bergerak melalui area dalam hidup kita di mana kita terjebak seperti saat kita berjuang dengan depresi, kecemasan, trauma, nyeri kronis, dan kompulsi.
Psikoterapi yang berpusat pada tubuh mengarahkan kesadaran klien ke berbagai sensasi dan gerakan yang dapat menjadi sumber landasan, kebijaksanaan, dan kesenangan yang kuat bagi klien. Klien yang telah menggunakan Body Centered Psychotherapy sebagai jalur penyembuhan seringkali menemukan tubuh mereka sebagai sumber daya yang luar biasa bagi mereka di luar terapi. Kesadaran dan keterampilan yang dikembangkan dalam Body Centered Psychotherapy dapat berfungsi sebagai:

Sumber landasan dan manajemen energi untuk mengatasi kecemasan, depresi, dan ketegangan
Basis yang aman dan sumber kekuatan untuk mencapai impian Anda
Sumber informasi, intuisi, dan kebijaksanaan yang sering diabaikan oleh pikiran sibuk kita
Sumber kesenangan dan kegembiraan yang luar biasa.
Panduan untuk menemukan jalan sejati seseorang saat menavigasi transisi dan penyesuaian yang sulit seperti masalah hubungan, perubahan karier, masalah identitas seksual, masalah identitas gender dan mengatasi kesedihan dan kehilangan.
Ini juga sangat berharga bagi klien yang berkomitmen untuk melampaui titik “sehat” secara konvensional dan yang ingin mengembangkan kesadaran diri yang lebih dalam serta mencapai rasa sukacita dan kepuasan yang lebih besar dalam hidup mereka.
Psikoterapi yang berpusat pada tubuh mengambil banyak bentuk yang berkisar dari yang sangat direktif hingga benar-benar tidak diarahkan, melibatkan banyak kontak fisik antara terapis dan klien atau tidak sama sekali atau menggunakan latihan dan intervensi khusus untuk hanya berfokus pada pernapasan atau pengalaman tubuh. Beberapa modalitas seperti Analisis Bioenergetik, Metode Hakomi atau EMDR sangat psikologis sementara yang lain seperti Metode Feldenkrais atau Rolfing lebih terlihat seperti pijat atau terapi fisik; yang lain seperti Gerakan Otentik lebih mirip dengan tari.

Beberapa modalitas latihan seperti yoga, qigong dan tai chi jarang diklasifikasikan sebagai psikoterapi yang berpusat pada tubuh tetapi beroperasi dengan prinsip yang sama dan dapat menghasilkan beberapa hasil yang serupa. Dalam ruang lingkup psikoterapi yang berpusat pada tubuh, terdapat berbagai pilihan yang dapat dipilih oleh klien. Secara keseluruhan, kesadaran diri yang dikembangkan melalui psikoterapi yang berpusat pada tubuh memperdalam pemahaman kognitif kita tentang diri kita sendiri, memberi kita pemahaman yang kaya dan bermanfaat tentang diri kita dan orang lain, dasar yang kokoh untuk stabilitas dan pertumbuhan, dan sumber kekuatan dinamis, kesenangan dan daya hidup.

Hayden Dover adalah Terapis Perkawinan dan Keluarga berlisensi dan memegang gelar MA dalam Psikologi Konseling Somatik dari California Institute of Integral Studies. Ia juga lulusan Institut Hakomi dan memiliki latar belakang yang luas dalam pijat dan pelatihan pribadi. Hayden menawarkan psikoterapi kepada individu dan pasangan yang bergulat dengan berbagai masalah atau yang ingin menggunakan terapi sebagai jalan untuk pertumbuhan pribadi dan kepuasan yang lebih besar. Pendekatan holistiknya terhadap penyembuhan mengacu pada pandangannya tentang tubuh dan pikiran sebagai sistem organik terintegrasi yang dinamis dalam hubungan yang konstan dengan lingkungannya. Pendekatannya holistik, eksistensial-humanistik dan berorientasi somatik.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *